Iklan

Iklan

Koordinasi dengan Distransnaker Bolmong, UPT BP2MI Manado bahas Implementasi MoU

infosatu co id
14 Des 2021, 22:07 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z
Kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag bersama jajaran Distransnaker Bolmong. © 2021 Infosatu.co.id

BOLMONG, Infosatu.co.id - Kepala UPT BP2MI Manado, Hendra Makalalag beserta tim melakukan kunjungan ke Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (14/12/2021).

Menurut Hendra, pihaknya mengunjungi Distransnaker Bolaang Mongondow dalam rangka pembahasan implementasi MoU pelindungan pekerja migran Indonesia yang baru ditandatangani tanggal 8 Desember 2021 yang lalu antara BP2MI dengan Pemda Kabupaten Bolmong.

“Kami ingin berkoordinasi untuk mematangkan pelaksanaan klausul dalam MoU yang sudah ditandatangani serta ingin berkoordinasi juga terkait implementasi UU Nomor 18 Tahun 2017 khususnya pasal 41 tentang tugas dan tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota terutama dalam hal mempersiapkan calon pekerja melalui pendidikan dan pelatihan sebelum ditempatkan,” kata Hendra.


Lanjut Hendra, tahun depan skema penempatan di beberapa negara akan segera dibuka untuk itu persiapan calon pekerja migran untuk bekerja di negara-negara ini harus segera dilakukan sejak dini.

“Tahun 2022, beberapa skema penempatan di sejumlah negara akan segera dibuka, antara lain Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Australia, dan Jerman, sehingga pastinya akan membutuhkan persiapan yang matang terutama dalam hal pendidikan dan pelatihan bahasa dan skill untuk mempersiapkan calon pekerja asal Bolaang Mongondow untuk ditempatkan di negara-negara ini. Makanya fokus pembahasan koordinasi hari ini saya tekankan pada penyiapan CPMI melalui pendidikan dan pelatihan,” kata Hendra.

Sementara itu, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Bolmong Deddy Mokodongan menyambut dengan antusias kunjungan ini dan menyatakan akan berkomitmen penuh untuk melaksanakan amant UU Nomor 18 Tahun 2017.

“Pemda Bolmong telah melaksanakan MoU dengan BP2MI minggu yang lalu dan hal ini menunjukkan bahwa pemda Bolmong berkomitmen serius untuk melaksanakan amanat UU Nomor 18 Tahun 2017. Makanya dengan adanya koordinasi dari pihak UPT BP2MI Manado, kami berharap dapat menciptakan kolaborasi positif untuk pelaksanaan MoU ini kedepannya sehingga Pemda Bolmong dapat mencetak calon-calon pekerja migran yang tangguh, yang dapat ditempatkan di luar negeri sebagai PMI prosedural serta dapat mensejahterakan ekonomi keluarga dan daerah asalnya,” tutup Deddy.

Penulis: Benny Pongayouw
Editor: Redaksi
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Koordinasi dengan Distransnaker Bolmong, UPT BP2MI Manado bahas Implementasi MoU

Terkini Lainnya

Iklan