Iklan

Iklan

Megawati Hari Ini Jadi Profesor, Inilah Deretan Gelar Akademik Kehormatannya

Redaksi
11 Jun 2021, 11:44 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

Megawati Soekarnoputri. ©2021 Infosatu.co.id


JAKARTA, Infosatu.co.id - Megawati Soekarnoputri akan mendapatkan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) hari ini dari Universitas Pertahanan RI. Selain gelar ini, Megawati sudah pernah mendapatkan deretan gelar doktor kehormatan (honoris causa).


Sebagaimana diketahui, Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) pada hari ini, Jumat (11/06/2021) dijadwalkan akan menggelar Sidang Senat Terbuka. Sidang ini digelar dalam Rangka Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi untuk Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri.


Salah satu alasan pemberian gelar ini karena Megawati dianggap memiliki dan menguasai tacit knowledge tentang ilmu pertahanan, khususnya bidang kepemimpinan strategis. Para guru besar disebut menilai kualitas itu sudah diaplikasikan dalam berbagai peran publik, yakni saat Megawati menjabat tiga periode anggota DPR pada 1984-1999. Lalu saat menjabat wakil presiden dari 1999 hingga 2001, dan saat menjadi presiden dari 2001 hingga 2004.


"Plus saat menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan sejak 1999 hingga saat ini. Tacit knowledge ini bila diajarkan dan dibukukan bisa menjadi explicit or empirical knowledge, yang sangat berguna bagi peradaban manusia. Begitu pemikiran para guru besar," kata Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri yang juga Guru Besar IPB, dalam keterangan tertulis, Kamis (10/06/2021).


Gelar Profesor Kehormatan untuk Megawati hanya satu dari deretan gelar yang pernah diterimanya. Berikut ini deretan gelar doktor honoris causa yang pernah diraih Megawati:


Gelar Doktor Honoris Causa Megawati


1. Dr Hc dari Waseda Tokyo


Mega menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Waseda Tokyo di Jepang pada tahun 2001.


2. Dr Hc dari Moscow State Institute of International Relation


Mega juga pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari Moscow State Institute of International Relation di Rusia pada tahun 2003.


3. Dr Hc dari Korea Maritime and Ocean University


Mega pun pernah mendapat gelar doktor honoris caus dari Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan pada tahun 2015.


4. Dr Hc dari Unpad


Meskipun pernah DO dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Megawati juga pernah memperoleh gelar doktor honoris causa dari kampusnya itu pada tahun 2016.


5. Dr Hc dari UNP


Mega juga pernah mendapat gelar honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP) pada tahun 2017.


6. Dr Hc dari Mokpo National University


Gelar doktor honoris causa keenam yang diperoleh Megawati berasal dari Mokpo National University di Korea Selatan pada 2017.


7. Dr Hc dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri


Megawati juga pernah memperoleh gelar doktor honoris causa bidang politik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri pada tahun 2018.


8. Dr Hc dari Fujian Normal University


Gelar doktor honoris causa kedelapan Megawati adalah di bidang diplomasi ekonomi dari Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, China pada tahun 2018.


9. Dr Hc dari Universitas Soka Tokyo


Megawati pun pernah mendapatkan gelar doktor honoris causa untuk bidang kemanusiaan dari Universitas Soka, Tokyo, Jepang pada tahun 2020.


Editor: Redaksi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Megawati Hari Ini Jadi Profesor, Inilah Deretan Gelar Akademik Kehormatannya

Terkini Lainnya

Iklan