Iklan

Iklan

Hubungan Pembekuan Darah dengan AstraZeneca Masuk Akal kata WHO

Redaksi
9 Apr 2021, 09:23 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

Vaksin AstraZeneca. ©2021 infosatu.co.id 

SWISS, Infosatu.co.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hubungan kausal antara vaksinasi menggunakan AstraZeneca dan munculnya kasus pembekuan darah pada sejumlah orang di dunia "masuk akal". Namun hal itu belum dikonfirmasi.


Sub-komite Covid-19 dari Komite Penasihat Global WHO untuk Keamanan Vaksin meninjau informasi terbaru dari European Medicines Agency (EMA) dan Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan Inggris.


"Berdasarkan informasi saat ini, hubungan kausal antara vaksin dan terjadinya pembekuan darah dengan trombosit rendah dianggap masuk akal tetapi belum dikonfirmasi," kata WHO pada Rabu (07/04/2021), dikutip laman Anadolu Agency.


WHO menyebut studi khusus diperlukan untuk memahami sepenuhnya hubungan potensial antara vaksinasi dan kemungkinan faktor risiko. Kendati demikian, WHO tetap merekomendasikan penggunaan vaksin AstraZeneca. 

“Penting untuk dicatat bahwa meskipun mengkhawatirkan, kejadian yang sedang dinilai sangat jarang terjadi dengan jumlah yang rendah dilaporkan di antara hampir 200 juta orang yang telah menerima vaksin AstraZeneca Covid-19 di seluruh dunia,” tutupnya.


Sebelumnya diberitakan Infosatu.co.id, hampir semua daerah dan negara menunda vaksinasi menggunakan AstraZeneca kepada masyarakat.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hubungan Pembekuan Darah dengan AstraZeneca Masuk Akal kata WHO

Terkini Lainnya

Iklan