Iklan

Iklan

Sabu 2,5 Ton Terbongkar, Penyelundupan Narkoba Jaringan Timur Tengah-Malaysia

Redaksi
28 Apr 2021, 19:03 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

Penampakan 2,5 Ton Sabu yang Diamankan Polisi. (CNN) ©2021 Infosatu.co.id 

JAKARTA, Infosatu.co.id - Markas besar (Mabes) Polri merilis pembongkaran upaya penyelundupan narkoba jenis sabu dengan jumlah total sebanyak 2,6 ton.


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sabu tersebut merupakan hasil tangkapan dari jaringan internasional yang tersebar di wilayah Timur Tengah, Malaysia dan Indonesia.


"Kami ungkap kurang lebih 2,5 ton narkoba sabu asal Timur Tengah, Malaysia yang masuk ke Indonesia," kata Listyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (28/04/2021).


Ia mengatakan pembongkaran upaya peredaran itu merupakan hasil investigasi tim gabungan yang dibentuk.


Listyo menerangkan, dengan mengamankan sabu sebanyak itu pihak kepolisian dapat menyelamatkan kurang lebih 10,1 juta jiwa masyarakat dari peredaran narkotika. Ia mengatakan jika diuangkan, narkoba tersebut dapat seharga Rp1,2 triliun.


Dalam pengungkapan itu, kata Listyo, pihak kepolisian menangkap 18 tersangka. Dia menuturkan, terdapat warga negara asing dari pihak yang ditangkap tersebut.


"Tersangka 17 WNI, 1 warga negara Nigeria," ujar Listyo.


Dia menegaskan pengungkapan kasus ini menunjukkan bahwa Polri sebagai institusi penegak hukum tak akan segan-segan dalam membongkar kasus-kasus narkoba di Indonesia.


Mantan Kabareskrim Polri itu pun meminta kepada jajaran anggotanya agar meningkatkan koordinasi antarlembaga untuk dapat memonitor peredaran narkoba di Indonesia sehingga kasus-kasus penyalahgunaan dapat dicegah.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sabu 2,5 Ton Terbongkar, Penyelundupan Narkoba Jaringan Timur Tengah-Malaysia

Terkini Lainnya

Iklan