Iklan

Iklan

Mensos Risma akan Buka Data Penerima Bantuan Secara Transparan dalam Waktu Dekat

Redaksi
13 Apr 2021, 13:35 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:35Z

Menteri Sosial Tri Rismaharini. ©2021 infosatu.co.id 

JAKARTA, Infosatu.co.id - Tujuan sebagai bentuk pencegahan korupsi dalam pengelolaan bantuan sosial (bansos) yang lebih konkret. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berencana membuka secara transparan data penerima bansos seluruh Indonesia. Hal tersebut akan dilakukan pada pertengahan April 2021.


"Kita upayakan mudah-mudahan pertengahan bulan ini kami bisa buka data itu dengan transparan, bisa melihat siapapun data tersebut," kata Risma saat menghadiri acara peluncuran aksi pencegahan korupsi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) 2021-2022 melalui virtual dalam akun YouTube KPK RI, Selasa (13/04/2021).


Dia menjelaskan dengan membuka data secara transparan seluruh masyarakat bisa melihat dan mengkoreksi data yang dikeluarkan Kemensos. Sehingga bisa mencegah adanya korupsi di lapangan dan ketimpangan penerima bansos.


"Ke depan yang kita lakukan adalah bagaimana data ini kita bisa berikan secara transparan, siapapun bisa melihat, siapa yang menerima bantuan sehingga koreksi itu bisa dilakukan masyarakat," kata Risma.


"Jadi kalau misalkan tetangga saya tidak layak mendapatkan tapi kenapa mendapatkan, yang mengkoreksi adalah masyarakat, masyarakat bisa mengkoreksi data yang ada di kementerian sosial," tambahnya.


Risma juga menjelaskan dengan membuka data penerima bantuan sosial tersebut, pemerintah daerah dan kementerian sosial bisa terus mengevaluasi. Sehingga data terus diperbarui


"Pemerintah daerah bisa mengupdate. Karena tidak bisa data itu selamanya tetap karena ada yang pindah rumah, meninggal dan sebagainya yang harus selalu updateing data tiap bulannya," tutupnya.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mensos Risma akan Buka Data Penerima Bantuan Secara Transparan dalam Waktu Dekat

Terkini Lainnya

Iklan