Iklan

Iklan

Inilah 5 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Tubuh dan Kebugaran Jiwa

Redaksi
28 Mar 2021, 05:08 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

Meditasi membantu meredakan masalah pencernaana. ©2021 infosatu.co.id 

Infosatu.co.id - Kegiatan atau aktivitas meditasi ini dapat di lakukan oleh siapa pun, dan di mana pun. Karena aktivitas ini tidak memerlukan peralatan atau biaya khusus. Apabila jika kira rutin menjalani meditasi ini secara teratur, maka ada manfaatnya yang kita dapat buat kesehatan tubuh kita.


Berikut berbagai manfaat meditasi buat kesehatan tubuh dan jiwa:


1. Meningkatkan kesadaran diri


Membantu kita mengeluarkan sisi terbaik yang Anda miliki. Sebab, bermeditasi mengajarkan Anda untuk berpikir positif terhadap diri sendiri. Sebab, masih ada orang yang tidak percaya diri dan cenderung meremehkan dirinya sendiri.


2. Menjaga kesehatan jantung


Stres berlebihan bisa membuat tekanan darah meningkat, sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya berbagai masalah pada jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke.


3. Mengendalikan emosi


Bukan hanya meredakan gangguan cemas, melakukan meditasi secara rutin juga dapat membuat Anda merasa lebih tenang, bahagia, dan berpikir positif. Di samping itu, meditasi juga diketahui dapat meningkatkan kinerja otak yang berperan dalam proses belajar, mengingat, dan berkonsentrasi.


4. Mengatasi gangguan kecemasan dan depresi


Rutin melakukan meditasi dipercaya dapat mengatasi masalah pada kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa teknik meditasi mindfulness dapat mengurangi rasa cemas dan gelisah yang berlebihan.


5. Mengelola stres


Melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dan meditasi, dapat menghasilkan hormon endorfin yang berperan penting dalam mengelola stres. Hormon ini bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami yang juga dapat membuat tidur lebih nyenyak, sehingga stres pun berkurang.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inilah 5 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Tubuh dan Kebugaran Jiwa

Terkini Lainnya

Iklan