-->

Iklan

Iklan

Token Listrik Gratis Login di pln.co.id - WhatsApp 08122-123-123, Susah Masuk dan Belum Direspon

infosatu co id
03 April 2020, 21:05 WIB Last Updated 2020-04-03T13:05:14Z
Token Listrik Gratis Login di pln.co.id - WhatsApp 08122-123-123, Susah Masuk dan Belum Direspon
Website layanan.pln.co.id | TOKEN LISTRIK GRATIS - LOGIN www.pln.co.id dan WhatsApp 08122-123-123 Sulit? Ternyata Ini Masalahnya. 

JAKARTA, Infosatu.co.id - Setelah diumumkan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) tiga bulan diberikan gratis listirk kepada masyarakat Indonesia, baru - baru ini. Banyak masyarakat yang mecoba untuk akses Website PLN.

Namun, sepanjang Jumat (03/04/2020) pagi hingga samapi saat ini, pelanggan yang mencoba menikmati listrik gratis dari PT PLN mengalami kesulitan mengakses website www.pln.co.id dan WhatsApp ke nomor 08122-123-123.

Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdulah pun menyampaikan hal yang terjadi. 

Untuk itu Anda bisa mencobanyak kembali melalui cara-cara di artikel ini. Link PLN https://layanan.pln.co.id/

Pemerintah lewat PT PLN (Persero) menggratiskan listrik bagi pelanggan daya 450 VA untuk meringankan dampak ekonomi dari virus corona (Covid-19) yang berjumlah 23.832.071 pelanggan.

Kebijakan listrik gratis 3 bulan berlaku untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Sementara bagi pelanggan PLN dengan daya 900 VA subsidi, ada keringan dari pemerintah berupa diskon tarif listrik sebesar 50 persen.

Pelanggan di kategori 900 VA penerima subsidi ini berjumlah 7.290.720 pelanggan.

Bagi pelanggan PLN listrik pra bayar, gratis dan diskon listrik bisa didapatkan dengan dua langkah mudah yakni lewat dua langkah, yakni lewat website www.pln.co.id dan WhatsApp ke nomor 08122-123-123 ( listrik gratis PLN).

Namun demikian, di media sosial, banyak pelanggan yang mengeluhkan tak bisa mengakses website PLN untuk mendapatkan token listrik gratis.

Sementara pelanggan yang sudah mengirimkan pesan teks WhatsApp juga belum mendapatkan jawaban atau respons.

Dikonfirmasi, Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdulah, mengakui memang pesan WhatsApp ke nomor 08122-123-123 belum bisa direspons dengan segera setelah pelanggan mengirimkan pesan teks.

"Tunggu saja Pak. Kalau Nggak bisa semoga besok atau lusa. Sabar," kata Dwi kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Sebelumnya, dalam keterangan resminya, pelanggan pra bayar yang ingin mendapatkan listrik gratis untuk bisa didapatkan melalui WhatsApp.

Apabila pelanggan ingin mengklaim token gratis melalui WhatsApp, berikut cara mendapatkan token listrik gratis (PLN token listrik):

* Buka Aplikasi WhatsApp

* Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, satu di antaranya masukkan ID Pelanggan.

* Token gratis akan muncul

* Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Paling lambat 11 April

Sementara cara mendapatkan token gratis bagi pelanggan golongan 450 VA dan golongan subsidi 900 VA melalui situs resmi bisa dilakukan dengan langkah berikut:

* Buka laman www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

* Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.

* Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

* Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sementara di laman resmi PLN, belum terlihat menu pelanggan yang disediakan untuk mendapatkan token listrik gratis.

Laman resmi BUMN setrum ini juga sulit diakses pada Jumat pagi (3/4/2020).

Sebelumnya, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka mengatakan, token gratis bisa didapat pelanggan melalui situs atau Whatsapp resmi PLN.

Meski kebijakan listrik gratis diberlakukan selama 3 bulan, Made menjelaskan pemberian token akan diberikan secara bertahap setiap bulannya.

"Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," tutur Made.

Kebijakan listrik gratis 3 bulan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Untuk merealisasikan kebijakan ini, melalui Perppu Nomor 1 Tahun 2020 pemerintah menanggarkan dana sebesar Rp 3,5 triliun.

Kebijakan ini mungkin saja diberlakukan lebih dari waktu yang terlah ditentukan, yakni 3 bulan.

Kementerian ESDM dan PLN juga akan menggunakan skema penghitungan besaran yang sama untuk pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi.

Namun bedanya, setelah nanti ditemukan berapa biaya penggunaan listrik terbesar selama 3 bulan terakhir, akan dipotong sebesar 50 persen.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, dimana pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi mendapatkan potongan sebesar 50 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kirim WhatsApp ke PLN demi Token Listrik Gratis, tapi Belum Direspons?"

Editor: Redaksi
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini Lainnya

Hukum & Kriminal

+
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close