×

Iklan

banner 1024x443

Iklan

banner 1024x443

BSG dan OJK Luncurkan KUR Klaster Bohusami di Bone Bolango Gorontalo

Jul 12, 2022 | 19:48 WIB Last Updated 2022-07-19T12:03:26Z
Direktur Utama BSG, Revino M Pepah saat secara simbolis menyerahkan KUR kepada pelaku UMKM di Kabupaten Bone Bolango. © 2022 Infosatu.co.id

GORONTALO, Infosatu.co.id - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) secara resmi meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bohusami untuk petani dan pedagang di Kabupaten Bone Bolango.

Menurut Direktur Utama BSG, Revino M Pepah, pihaknya ingin mendorong ekonomi dari hulu sampai hilir berkelanjutan.

"Untuk itu BSG meluncurkan KUR klaster Bohusami bagi petani dan pedagang dan para pelaku UMKM. Kali ini di Kabupaten Bone Bolango Gorontalo," kata Revino, Selasa (12/7/2022).

Dia menjelaskan, KUR Klaster Bohusami ini merupakan produk bersama antara BSG dengan OJK Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara (Sulutgomalut).

BSG sendiri, katanya baru dipercayakan oleh pemerintah dalam tiga tahun terakhir sebagai bank penyalur KUR.

“Model bisnis KUR ini dengan sistem klaster berdasarkan diskusi dan pembahasan dengan OJK,” ungkap Pepah.

Khusus untuk Bone Bolango, lanjut Pepah, KUR Klaster Bohusami masih difokuskan penyalurannya pada KUR Bakobong untuk petani dan KUR Batibo untuk pedagang.

“Ada juga KUR Basoma dan KUR Baternak, tapi sementara kita akan fokuskan pada KUR Bakobong dan Batibo,” imbuhnya.

Disamping itu, Branch Manager BSG Suwawa, Kasmir Abdul Hamid mengatakan, KUR Bohusami ini berbeda dengan pembiayaan KUR lainnya yang selama ini diberikan kepada masyarakat.

Bedanya kata Kasmir, KUR Klaster Bohusami ini akan ada pendampingan dari dinas terkait, tentunya dengan persyaratan-persyaratan yang ada dari BSG.

“Kenapa perlu ada pendampingan dari dinas terkait supaya kami dari pihak perbankan untuk melakukan pembiayaan itu pasti. Jadi KUR ini tidak asal kita kasih,” ucap Kasmir.

Hal ini, kata Kasmir bertujuan agar supaya ketika para pemohon mendapatkan bantuan dari bank dapat melakukan efisiensi, dengan kata lain, bisa memutuskan rentenir. Apalagi dengan bunga yang hanya 6 persen per tahun.

“Untuk penyaluran KUR Klaster Bohusami sendiri, maksimal yang akan diberikan kepada setiap pemohon itu hingga Rp 50 juta, tanpa jaminan dan tanpa biaya provisi,” tutupnya.

Penulis: Redaksi
×
Berita Terbaru Update