Iklan

Iklan

Unsrat Manado Sukses Implementasikan Teknologi Blockchain

Redaksi
26 Mei 2022, 23:39 WIB Last Updated 2023-06-11T20:02:12Z
Universitas Sam Ratulangi Manado. © 2022 Infosatu.co.id

MANADO, Infosatu.co.id - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado sukses mengimplementasikan teknologi blockchain pada data akademiknya. Implementasi ini menjadi pertama perguruan tinggi di Indonesia.

Menurut Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Kumaat, MSc DEA, suksesnya implementasi teknologi blockchain untuk menjamin integritas data dan dokumen digital. Ini tersimpan di pangkalan data Portal Inspire sebagai portal layanan akademik di Unsrat.

"Blockchain adalah teknologi penyimpanan data secara terdistribusi yang menggunakan penanda digital dengan teknologi kriptografi. Adanya teknologi Blockchain ini, data dan dokumen digital yang telah dibuat tidak dapat diubah, sehingga meningkatkan keamanan dan integritas data tersebut," kata Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Kumaat, MSc DEA, Rabu (24/5/2022).

Lanjutnya, setiap pembaruan terhadap data dicatat dan dapat ditelusuri kembali sehingga memudahkan untuk mendeteksi perubahan data secara ilegal.

“Blockchain menjadi single and trusted view of the truth untuk semua data yang terlibat dalam proses akademik untuk mahasiswa, dari awal masuk hingga studinya selesai,” kata Kumaat.

Dia mengklaim, implementasi teknologi Blockchain bagian dari upaya Unsrat untuk meningkatkan kualitas keamanan layanan data akademik yang tersimpan di pangkalan data Unsrat.

"Ini cara jitu meminimalkan upaya kecurangan maupun kesalahan yang tidak terdeteksi," katanya.

Dengan diimplementasikannya teknologi Blockchain, lanjut Kumaat, dalam waktu dekat Unsrat akan menyediakan juga layanan verifikasi data akademik berbasis Blockchain kepada pihak eksternal.

"Layanan ini akan bermanfaat bagi pihak industri yang ingin merekrut lulusan Unsrat," katanya.

Kumaat menambahkan, juga dapat melakukan verifikasi data identitas dan prestasi akademik lulusan secara lebih akurat dan terpercaya.

“Sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan serapan lulusan di dunia kerja,” kata Kumaat.

Perlu diketahui, suksesnya penerapan teknologi Blockchain ini telah menjadikan Unsrat sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mengadopsi Blockchain sebagai salah satu pilar teknologi di Era Revolusi Industri 4.0.

Hal ini sekaligus menunjukkan tekad Unsrat untuk terus berinovasi menuju perguruan tinggi yang unggul dan berbudaya.

Penulis: Redaksi
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Unsrat Manado Sukses Implementasikan Teknologi Blockchain

Terkini Lainnya

Iklan