Iklan

Iklan

Olly, Ajak Hening Cipta Untuk Pejuang Diskriminasi Gender

15 Feb 2022, 12:37 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z



SULUT infosatu.co.id - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey membawakan sambutan Opening Ceremony Women Of Twenty (W20) di Paradise Hotel Golf and Resort, Likupang Minut selasa, (15/02/22). Hadiri Menteri P3A RI Ibu Bintang Puspayoga, beserta jajaran, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Ibu Penny Williams; – Co-SHERPA G20, Bapak Dian Triansyah Djani, UN Women Indonesia Country Representative and – ASEAN Liaison, Bapak Jamshed Kazi,


Sangatlah membanggakan sebagaimana yang disampaikan oleh Gubernur Olly dalam sambutannya “bersukacita sekaligus kebanggaan tersendiri bagi Kami, Pemerintah Provinsi dan Masyarakat Sulawesi Utara, karena daerah ini dapat dipercayakan sebagai lokasi pelaksanaan Women of Twenty (W20) Indonesia 2022 ” Katanya

Acara yang dilaksanakan secara hybrid juga menghadirkan Presiden Kongres Wanita Indonesia (KOWANI),
Ibu Giwo Rubianto Wiyogo; – Chair W20 Indonesia, Ibu Hadriani Uli Silalahi
Co-Chair W20 Indonesia, Ibu Dian Siswarini.

Kiranya pelaksanaan W20 di daerah ini, akan dapat berjalan dengan baik, aman, dan dapat kita maksimalkan bersama, sehingga akan meningkatkan koordinasi dan sinergitas kita dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, sebagai upaya membangun peradaban bangsa yang lebih maju di masa mendatang.

Disela-sela sambutan Gubernur Olly mengajak mengheningkan cipta sejenak, untuk mengingat jasa dan pengorbanan para Pahlawan Wanita, para Pejuang Feminis yang telah memperjuangkan emansipasi perempuan di Indonesia dan di dunia

Lanjut Gubernur, Kita pahami bahwa kesetaraan gender adalah salah satu hak asasi manusia. Tidak hanya laki-laki, tetapi perempuan memiliki hak yang sama untuk membuat pilihan hidup dengan kehormatan, keberanian dan kebebasan.

Perempuan memiliki potensi yang luar biasa, tidak bisa dipandang sebelah mata, dan tidak bisa ditempatkan hanya sebagai warga kelas dua, melainkan sejajar sebagai mitra laki-laki dalam konteks apapun.

Di Provinsi Sulawesi Utara, kesetaraan gender senantiasa diperjuangkan penuh. Kebijakan yang berpihak pada perempuan di Sulawesi Utara, terus dapat kita upayakan dan laksanakan.

Begitu juga inovasi-inovasi dalam pemberdayaan perempuan, yang terus dapat hadirkan. Karena itulah, Kami sangat bersukacita ketika kami dapat menjadi nyonya rumah, atas pelaksanaan Women of Twenty (W20) Indonesia 2022 ini. Terlebih atas agenda Deklarasi Likupang tentang Kesetaraan Gender yang turut dirangkaikan.

Saya yakin setiap daerah di belahan dunia, memiliki komitmen yang sama, melakukan hal yang sama, untuk terus memperjuangkan kesetaraan gender.

Untuk mencapai kesetaraan gender memang memerlukan upaya yang sistematis, terencana dan berkesinambungan dalam segala aspek pembangunan. Dalam hal ini, kerjasama antar kelompok sosial yang peka terhadap isu-isu perempuan (gender sensitivity) menjadi sangat penting, begitu juga komitmen bersama dari para pemimpin dunia, tokoh masyarakat dan tokoh agama, akademisi dan seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menghilangkan berbagai hambatan budaya patriarki, struktural dan instrumental guna mewujudkan kesetaraan gender di semua bidang kehidupan.

Sehingga, pertemuan kita semua di tempat ini, di tanah Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, semestinya benar-benar kita jadikan sebagai momentum untuk memperkokoh komitmen bersama, membuat semua perempuan dunia “Bebas dari Diskriminasi” pungkas gubernur.

Selesai pembukaan dilanjutkan dengan seminar zoom bersama narasumber dan Pembicara yang sudah disiapkan. Kegiatan yang di selenggarakan oleh Bappeda Provinsi dihadiri oleh Ibu Gubernur Rita Dondokambey Tamuntuan dan Ibu Wagub dr. Deivi Kandouw-Tanos Mars.

Turut hadir Jajaran Pemprov. Sulut,
Pem. Kab/Kota dan segenap Stakeholder Terkait serta para Pejabat Sipil, TNI dan Polri dan Seluruh Delegasi, para Wanita Hebat Perwakilan Negara W20
(Jouce/Jhony)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Olly, Ajak Hening Cipta Untuk Pejuang Diskriminasi Gender

Terkini Lainnya

Iklan