×

Iklan

Iklan

Perampok dan Pemerkosa Mahasiswi di Makassar 11 Kali Incar Kos Putri

Jun 7, 2021 | 15:07 WIB Last Updated 2021-06-07T07:07:15Z

Pelaku perampok dan pemerkosa mahasiswi di Kota Makassar. ©2021 Infosatu.co.id


SULSEL, Infosatu.co.id - Komplotan perampok dan pemerkosa mahasiswi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rizal Cs ternyata sudah 11 kali beraksi dengan mengincar kos khusus putri. Ada 2 korban yang diperkosa pelaku.


"Ada dua TKP yang sempat dilakukan itu (perampokan disertai pemerkosaan)," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Kompol Agus Khairul kepada wartawan di Polrestabes Makassar, Senin (07/06/2021).


Menurut Agus, insiden perampokan yang disertai pemerkosaan tersebut keduanya dilakukan pelaku di Kecamatan Manggala, Makassar. Kejadian pertama dilakukan pada 1 April sementara kejadian kedua terjadi pada 28 Mei 2021.


"Yang bulan Mei ini yang sempat viral kemarin karena rekaman CCTV sempat beredar di media sosial," sambung Agus.


Agus mengungkapkan, Rizal saat beraksi dibantu oleh tiga rekannya yang bernama Yusuf Kamaruddin (35), Aswendi (27) dan Fajar (27). Aswendi dan Fajar adalah pelaku yang melakukan survei terhadap target lokasi perampokan, sementara Rizal ialah eksekutor perampokan di mana dua di antaranya disertai pemerkosaan.


"Jadi mereka ini sebelum melakukan lebih dulu men survei rumah kos," ujar Agus.


Menurut Agus, Rizal, Aswendi dan Fajar memang kerap menyasar rumah kos putri sehingga apabila ada kesempatan, pelaku Rizal memperkosa korbannya.


"Jadi motif utamanya curas (pencurian disertai kekerasan) tapi kalau ada kesempatan pelaku ini memperkosa korbannya," ungkap Agus.


Sementara untuk pelaku Yusuf, lanjut Agus, dia berperan menampung hasil curian Rizal, Aswendi dan Fajar untuk dijual.


Seperti diketahui, aksi perampokan disertai pemerkosaan ini sempat viral di media sosial (medsos). Unit Jatanras Polrestabes Makassar yang menyelidiki rekaman CCTV kejadian awalnya menangkap Yusuf Kamaruddin di Jalan Daeng Ngunjung, Makassar, pada Minggu (06/06/2021) malam. Yusuf adalah penadah barang curian.


Selanjutnya polisi mengembangkan kasus pencurian tersebut dengan menangkap Rizal selaku pelaku utama perampokan disertai pemerkosaan. Rizal ditangkap di wilayah Desa Sampulungan, Kecamatan Galesong, Takalar, Senin (07/06/2021) dini hari.


Terakhir, polisi kembali melakukan pengembangan dan menangkap Aswendi dan Fajar di Jalan Abu Bakar Lambogo, Makassar. Saat penangkapan yang terakhir, Rizal disebut mencoba melarikan diri hingga dilumpuhkan dengan timah panas.


"Saat dikembangkan untuk ditunjukkan rekannya yang lain, dia mencoba lari sehingga teman-teman Jatanras melakukan tindakan tegas dan terukur di lapangan," katanya.


Bersamaan dengan penangkapan komplotan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 9 unit handphone, laptop, perhiasan emas, dua buah parang dan dua buah badik.


"Barang bukti ada beberapa yang sudah dijual tapi karena hasil kejahatan kita lakukan penyitaan," tutupnya.


Editor: Redaksi

×
Berita Terbaru Update
close