Iklan

Iklan

Sempat Disebut Varian Kongo, WNI Mojokerto Dipastikan Kena Corona B117

Redaksi
8 Mei 2021, 09:45 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

ilustrasi Virus Corona B117. ©2021 Infosatu.co.id 

JAWA TIMUR, Infosatu.co.id - Dinas Kesehatan Jawa Timur meluruskan informasi simpang-siur tentang kasus virus Corona yang sempat disebut varian Kongo. Meski dialami Warga Negara Indonesia (WNI) di Mojokerto sepulang dari Kongo, dipastikan virusnya adalah varian B117 atau sering disebut varian Inggris.


"Variannya B117, tapi beliau [pasien] datang dari kegiatan di Kongo," kata Kepala Dinkes Jatim dr Herlin Ferliana saat dikonfirmasi CNNIndonesia, Kamis (06/05/2021).


Informasi senada juga disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) dr Siti Nadia Tarmizi. Menurut dr Nadia, varian B117 punya karakteristik yang bisa memperparah gejala COVID-19.


"Corona B117 menyebabkan penularan yang lebih cepat artinya berpotensi menjadi superspreader, mempengaruhi tingkat keparahan penyakit, gejala orang yang terinfeksi dari tingkat ringan ke parah, dan berujung pada kematian," jelas dr Nadia dikutip infosatu.co.id dari detikcom.


Meski demikian, dr Herlin memastikan pasien yang dimaksud saat ini sudah negatif. Hasil tracing menunjukkan, tidak terjadi penularan dari kasus varian B117 tersebut.


Pada Kamis (6/5/2021), dr Herlin mengungkap temuan kasus COVID-19 pada WNI yang baru datang dari perjalanan dinas ke Kongo, Afrika. Kasus tersebut ditemukan di Kabupaten Mojokerto dan saat ini sudah sembuh.


Pengelompokan varian COVID-19


Dari berbagai varian virus Corona yang ada saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia WHO saat ini mencatat 3 varian yang masuk kategori Variant of Concern (VOC). Ketiganya adalah:


B117 atau varian Inggris

B1351 atau varian Afrika

P1 atau varian Brazil


Sementara itu, varian Corona B1617 atau varian India yang juga sudah ditemukan di DKI Jakarta, dikategorikan sebagai Variant of Interest (VOI). Kategori ini diindikasikan memiliki mutasi yang berpengaruh pada karakteristik virus, tetapi masih butuh bukti dan penelitian lebih lanjut untuk memastikan.


Sebelumnya diberikan infosatu.co.id, Mutasi Virus Corona Baru Asal Kongo Sudah Berada di Indonesia.


Mutasi Virus Corona Baru di Indonesia


Mutasi virus Corona atau Covid-19 dari Kongo, Afrika ditemukan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Virus ini, diketahui dibawa oleh seorang warga negara Indonesia (WNI) yang pernah melakukan perjalanan dinas dari Kongo.


Temuan ini diungkapkan oleh dr Herlin Feeliana, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur. Ia mengungkapkan, pihaknya menemukan keberadaan mutasi virus Covid-19 baru di Indonesia tepatnya di Kabupaten Mojokerto.


Baca Selengkapnya: Mutasi Virus Corona Baru Asal Kongo Sudah Berada di Indonesia


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sempat Disebut Varian Kongo, WNI Mojokerto Dipastikan Kena Corona B117

Terkini Lainnya

Iklan