×

Iklan

Iklan

Planet 'Neraka' Ditemukan, Logam Langsung Menguap

03 May 2021 | 05:47 WIB Last Updated 2021-05-03T14:25:48Z

Ilustrasi exoplanet. Foto: NASA ©2021 infosatu.co.id 

AUSTRALIA, Infosatu.co.id - Di luar Tata Surya ada beberapa planet ekstrim kita ditemukan oleh ilmuwan. Salah satu yang terbaru adalah exoplanet bernama TOI-1431b MASCARA-5b. Planet ini begitu panasnya, bahkan mungkin yang paling panas di alam semesta sejauh ini.


Berjarak 490 tahun cahaya dari Bumi, MASCARA-5b suhunya melampaui bintang katai merah di galaksi Bima Sakti. Sebagai gambaran, besi pun akan langsung menguap di sana secara instan.


"Ini adalah dunia yang benar-benar seperti neraka. Pada siang hari temperaturnya sekitar 2.700 derajat Celcius dan malam hari mendekati sekitar 2.300 derajat Celcius. Tidak ada kehidupan yang bisa bertahan di atmosfernya," cetus Dr Brett Addison, pakar astrofisika di University of Southern Queensland.


"Hal ini merupakan temuan yang cukup menarik karena bintangnya juga salah satu yang terpanas dan oleh karena orbit planet ini begitu dekat dengan bintangnya, maka ia menjadi salah satu planet terpanas yang pernah disurvei," tambah dia.


Dikutip dari Independent, Senin (03/05/2021) temperatur planet MASCARA-5b secara signifikan lebih tinggi dari titik leleh kebanyakan metal, di mana sebagian besar mencari di suhu di bawah 2.000 derajat Celcius.


Titanium meleleh di 1.670 derajat Celcius, platinum di 1.770 derajat dan stainless steel antara 1.375 sampai 1.530 derajat. Maka artinya, jenis-jenis metal itu tidak akan mampu bertahan lama di planet MASCARA-5b.


Namun demikian, memang planet itu belum dapat menyamai Matahari. Sang Surya pada permukaannya mencapai suhu sekitar 5.500 derajat Celcius.


Adapun ukuran MASCARA-5b sekitar dua kali Planet Jupiter dan jenisnya cukup langka ditemukan. Ia terlacak pertama kali Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA dan juga pengamatan di teleskop Stellar Observation Network Group (SONG).


×
Berita Terbaru Update
close