Iklan

Iklan

Pembakaran Polsek Candipuro, Polda Lampung Ingatkan Masyarakat Jangan Terprovokasi

Redaksi
21 Mei 2021, 03:56 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

LAMPUNG, Infosatu.co.id - Kapolda Lampung, Irjen Pol. Hendro Sugiatno meminta masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga melakukan tindakan perusakan fasilitas negara. Kapolda Lampung menyayangkan ulah masyarakat yang membakar kantor Polsek Candipuro, karena tindakan itu justru merugikan mereka.


"Saya ingatkan kepada masyarakat jangan merusak fasilitas negara atau fasiltas umum lainnya, serta jangan mudah terprovokasi, Kantor polisi itu adalah kantornya masyarakat, di wilayah ini ada masyarakat sebanyak 58 ribu orang, hanya karena sejumlah oknum memprovokasi lalu dibakar, tentunya ini kerugian bagi sekian puluh ribu orang di daerah ini," jelas Kapolda Lampung.


Untuk diketahui, sebelumnya Markas Polsek Candipuro dibakar warga sekitar pada Selasa lalu lantaran kecewa pada kinerja petugas. Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, jumlah petugas yang bertugas di Polsek Candipuro hanya 19 orang.


Polri menyatakan jumlah antara personel dengan jumlah masyarakat saat ini tak seimbang. Hal itu terjadi di nyaris seluruh wilayah hukum, termasuk di Kepolisian Sektor Candipuro, Lampung Selatan. Untuk mengakalinya, Polri pun menerapkan pola rayonisasi. Ramadhan menjelaskan, antar polsek yang berdekatan, bisa turun saling membantu apabila terjadi peristiwa.


"Sedangkan wilayah Kecamatan Candipuro itu jumlah masyarakatnya kurang lebih di atas 50 ribu orang. Hampir semua wilayah, rasio polisi tidak seimbang antara jumlah penduduk dengan jumlah anggota. Misalnya begini, ada kejadian yang cukup menonjol di Polsek A, maka Polsek B, C, D yang berada di sekitarnya, bisa memback-up," kata Kabid Humas Polda Lampung.


Dalam penyerangan Polsek Candipuro, polisi telah menangkap delapan orang yang diduga terlibat. Mereka diduga berperan sebagai provokator hingga ikut-ikutan membakar. Kabid Humas Polda Lampung menduga ada lebih banyak orang yang terlibat dalam pembakaran itu.


Kebanyakan masyarakat, kata dia, terprovokasi. Dia mengatakan polisi masih menelusuri penyebab kejadian, termasuk dugaan bahwa peristiwa ini dipicu oleh maraknya kasus pembegalan. Kasus saat ini ditangani oleh Polres Lampung Selatan dibantu Polda Lampung.


Kabid Humas Polda Lampung menuturkan akibat pembakaran itu, kondisi kantor polisi rusak. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Anggota polisi dan tahanan dalam keadaan aman. Begitupun senjata api milik polisi berhasil diselamatkan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembakaran Polsek Candipuro, Polda Lampung Ingatkan Masyarakat Jangan Terprovokasi

Terkini Lainnya

Iklan