Iklan

Iklan

Hoaks Video Terbaru 'Hujan' Rudal Hamas ke Israel

Redaksi
14 Mei 2021, 22:08 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

Infosatu.co.id - Sebuah video yang menyebutkan hujan roket dari serangan Hamas beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa Hamas menyerang Israel dengan menggunakan 137 roket dalam 5 menit.


Penelusuran


Menurut informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel Reuters Fact Check berjudul "Fact Check-Video shared by high-profile Israeli official was filmed in Syria in 2018 – not Gaza in 2021" pada 13 Mei 2021, dijelaskan bahwa video tersebut sudah beredar sejak 2018.


Since May 10, an escalation of hostilities between Israel and Hamas militants has left at least 71 people dead – 65 people in Gaza and six in Israel (here). This comes after a series of Israeli airstrikes on the Hamas-controlled enclave, as well as rockets fired by Hamas in the opposite direction.


The video of missile launches, however, has nothing to do with this conflict. Although it is not clear where exactly the original video came from, it can traced back to June 2018 (nearly three years before the latest Israel-Hamas hostilities) in relation to the conflict in Syria.

It is said to show missiles being fired inside the country’s Daraa Governorate, according to Syrian journalists and those who live in Daraa. Another video showing similar missile launches was posted on the same evening.


Berikut terjemahannya:


Sejak 10 Mei, kondisi Israel dan militan Hamas semakin memanas dan menyebabkan 71 orang tewas, dengan rincian 65 orang di Gaza dan enam di Israel. Ini terjadi setelah serangkaian serangan udara Israel di wilayah yang dikendalikan Hamas, serta roket yang ditembakkan oleh Hamas ke arah yang berlawanan.


Kemudian video serangan rudal tersebut tidak ada hubungannya dengan konflik ini. Meskipun tidak jelas dari mana tepatnya video aslinya berasal, video tersebut dapat ditelusuri kembali ke Juni 2018 (hampir tiga tahun sebelum permusuhan Israel-Hamas terbaru) terkait dengan konflik di Suriah.


Menurut jurnalis Suriah dan mereka yang tinggal di Daraa, tembakan rudal itu di dalam Daraa Governorate Suriah, dikutip dari merdeka.com.


Kesimpulan


Video berdurasi 30 detik yang disebut-sebut serangan Hamas ke Israel adalah hoaks. Video telah beredar sejak 2018, atau sebelum konflik Israel-Hamas mulai.


Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hoaks Video Terbaru 'Hujan' Rudal Hamas ke Israel

Terkini Lainnya

Iklan