Iklan

Iklan

Ada Pandemi Senyap di India yang Diam-Diam Membunuh Jutaan Orang, Tak Hanya Covid-19

Redaksi
24 Apr 2021, 19:02 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

ilustrasi polusi di India. ©2021 infosatu.co.id 

Virus Corona


INDIA, Infosatu.co.id - Bukan hanya Pandemi Covid 19 melanda di India, ada Pandemi Virus Senyap di India yang Diam-Diam Membunuh Jutaan Orang. Bahaya mematikan membekap kota-kota kita, membunuh empat kali lebih banyak manusia dalam setahun dibandingkan Virus Corona atau Covid-19.


Polusi Kematian


Bahkan, di seluruh dunia, hampir 9 juta orang meninggal karenanya pada 2018, dan di India, bahaya ini telah membunuh satu anak setiap tiga menit.


Bahaya tersebut adalah polusi. Korban-korban meninggal hanya dengan menghirup udara di sekitar mereka.


Udara tercemar. Sebanyak 9 juta nyawa melayang. Dan apa sumber udara pengap beracun yang meliputi kota-kota? Bahan bakar fosil, sebagian besar.


Emisi gas rumah kaca dari batubara, minyak, dan gas bersama-sama menyebabkan pemanasan global, sembari memaksa populasi kota-kota menghirup partikel kecil beracun. Para ilmuwan menyebut partikel paling mematikan ini PM2,5 – yang menembus ke dalam paru-paru dan bisa menyebabkan kanker paru, penyakit jantung koroner, stroke, dan kematian dini.


Partikel yang berukuran 2,5 mikro atau lebih kecil itu disebut berbahaya bagi kesehatan manusia karena mereka melewati banyak pertahanan tubuh kita seperti bulu hidung atau lendir.


Perkiraan kematian global, diterbitkan jurnal Environmental Research, menunjukkan jumlahnya meningkat di mana totalnya gabungan orang yang meninggal secara global akibat merokok, ditambah mereka yang meninggal karena malaria.


Para peneliti, termasuk spesialis citra satelit jarak jauh dan ahli epidemiologi kesehatan, menggunakan model 3D global kimia atmosfer untuk membedakan antara sumber polusi. Hal ini memungkinkan mereka untuk memetakan di mana polusi dan referensi silang ke tempat tinggal orang.


Di Asia Timur, pembunuh tak terlihat ini bertanggung jawab untuk hampir satu dari tiga kematian mereka yang berusia 14 tahun ke atas. Di India, polusi udara adalah penyebab kematian tertinggi ketiga, membunuh lebih dari 1 juta orang per tahun.


Negara ini merupakan rumah bagi 22 dari 30 kota paling tercemar di dunia, dan Delhi berada di peringkat ibu kota negara paling tercemar di dunia dengan tingkat kematian perkotaan tertinggi 54.000 kematian pada tahun 2020 - kira-kira satu kematian per 500 orang.


Ingatlah, pada 2020, pandemi memperlambat perekonomian dan memangkas emisi CO2 hampir sepanjang tahun. Ini berarti ketika ekonomi nasional pulih dan emisi meningkat lagi, demikian pula tingkat kematian akibat polusi yang melanda saat ini.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ada Pandemi Senyap di India yang Diam-Diam Membunuh Jutaan Orang, Tak Hanya Covid-19

Terkini Lainnya

Iklan