Iklan

Iklan

5 Anggota KKB Kepulauan Yapen Papua Serahkan Diri dan 4 Pucuk Senjata serta Amunisi

Redaksi
26 Apr 2021, 22:47 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

5 Anggota KKB Kepulauan Yapen Papua saat Serahkan Diri ke Polisi. ©2021 infosatu.co.id 

PAPUA, Infosatu.co.id - Lima orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua telah menyerahkan diri. Mereka juga telah menyerahkan empat pucuk senjata api serta belasan butir amunisi ke Polres Kepulauan Yapen.


Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Ferdyan Indra Fahmi mengatakan, mereka yang menyerahkan diri itu yakni PW, YW, EM, YT dan SW.


"Kelima anggota KKB yang menyerahkan diri tersebut merupakan anak buah dari Rudy Orarey selaku pimpinan KKB wilayah Distrik Angkaisera," kata Ferdyan kepada wartawan, Senin (26/04/2021).


Rudy Orarey sebelumnya dikabarkan telah tewas pada 2014 silam. Sehingga, kata Ferdyan, kelima anggota KKB yang menyerahkan diri tersebut tersebar dari wilayah Kampung Menawi dan Yapen Timur.


Ferdyan mengungkapkan, penyerahan diri kelima anggota KKB merupakan pendekatan secara kemanusiaan oleh aparat keamanan dengan tujuan agar para anggota KKB di Yapen kembali menganut ideologi Pancasila dan UUD 1945.


"Kami aktif lakukan pendekatan, pemahaman dan memberikan jaminan kepada keluarga mereka. Segalanya baik-baik saja jika setia kepada NKRI. Ini langkah agar keamanan dan kenyamanan masyarakat di pelosok kampung dapat tercipta tanpa ada kelompok yang berseberangan," katanya.


Sementara itu, SW salah satu anggota KKB yang menyerahkan diri ini mengaku merasa tidak mendapatkan kehidupan yang layak saat bergabung bersama KKB. Bahkan ia dikucilkan oleh masyarakat sekitar, sehingga ia mengajak rekan-rekan anggota KKB lainnya untuk bersama-sama menyerahkan diri.


"Saya juga akan berupaya mengajak dan meminta kepada saudara-saudara kita lainya untuk mari kita tinggalkan hal-hal yang melawan Negara dan kembali untuk mencintai NKRI dan bekerja untuk Republik Indonesia," kata SW, seperti dikutip dari merdeka.com.


Dalam prosesi penyerahan diri dan penyerahan senjata serta amunisi tersebut juga dilakukan prosesi mencium bendera merah putih (Indonesia) oleh kelima orang anggota KKB itu.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 5 Anggota KKB Kepulauan Yapen Papua Serahkan Diri dan 4 Pucuk Senjata serta Amunisi

Terkini Lainnya

Iklan