Iklan

Iklan

Ini Solusi Petani Cengkih Dapat Penghasilan Tinggi Kedepan

Redaksi
30 Okt 2019, 15:57 WIB Last Updated 2021-03-16T15:08:38Z
 Wenny Lumentut: Petani Simpan Stok, Tahun 2020 Harga Cengkeh Naik 100% 
Wenny Lumentut Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulut. 

MANADO, Infosatu.co.id - Harga cengkih terus saja mengalami penurunan, sehingga berimbas pada kerugian petani di daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini nampak saat para pembelian cengkih beberapa perusahaan rokok terhenti. Demikian dikatakan Wenny Lumentut (WL), Ketua Fraksi Nyiur Melambai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut, Rabu (30/10/2019).

Menurut dia, petani saat ini sebaiknya tidak menjual seluruh cengkih yang ada, karena diawal tahun 2020 nanti, pabrikan akan melakukan pembelian cengkih dan harga pasti akan naik, bisa mencapai 100 ribu per kilonya.

"Kondisi yang terjadi sekarang karena efek pabrikan yang menutup pembelian, tetapi setelah memasuki awal tahun 2020 pabrik pabrik akan membuka pembelian. Untuk itu masyarakat Sulut tahan diri jangan menjual semua stok cengkih yang ada," kata anggota DPRD Sulut itu.

Diprediksikan lanjut dia, diawal tahun komoditas cengkih dipasaran sudah mulai menipis dan akan terjadi kekosongan cengkih. Oleh karena itu petani dapat menyimpan stok cengkih, agar di tahun depan bisa jual dengan harga yang tinggi.

"Dari segi presure politik, akan mengusulkan kepada pemerintah provinsi meminta ketegasan kepada menteri perdagangan mencabut atau menutup import cengkih di seluruh indonesia," ujar Ketua DPD Partai Gerindra Sulut itu.

Lanjut dia, Import cengkih sangat menguncang pendapatan ekonomi bagi petani cengkih di seluruh indonesia, Bagaimana mungkin Indonesia membuka import, sementara produksi dalam negeri sangat mencukupi.

"Saat ini Indonesia merupakan penghasil cengkeh terbesar di dunia dan juga kualitas nomor satu di dunia. Kenapa harus import,” tegasnya seraya mengingatkan, 94 persen cengkih Indonesia diserap oleh pabrikan rokok, untuk itu jika sesuatu terjadi pada industri dampaknya juga akan mengenai petani cengkih.

"Kami meminta pemerintah tidak menganaktirikan para petani cengkih di tanah air, agar petani juga bisa merasakan penghasilan mereka yang lebih baik," tandasnya.

Penulis: Redaksi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Solusi Petani Cengkih Dapat Penghasilan Tinggi Kedepan

Terkini Lainnya

Iklan