Iklan

Iklan

Unsrat Manado dan IDN Vic Gelar ‘Black Armada Exhibition’ di Wale Sam Ratulangi

Redaksi
14 Des 2022, 23:08 WIB Last Updated 2023-06-11T20:02:12Z
Kegiatan When Merdeka Came to Australia, Black Armada Exhibition di Wale Sam Ratulangi, Selasa-Kamis, 13-15 Desember 2022. © 2022 Infosatu.co.id

MANADO, Infosatu.co.id - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado bekerja sama dengan Indonesian Diaspora Network Victoria di Australia dan masyarakat sejarawan Indonesia cabang Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan bertajuk “When Merdeka Came to Australia, Black Armada Exhibition” di Wale Sam Ratulangi, Selasa-Kamis, 13-15 Desember 2022.

Kegiatan ini berupa pameran, diskusi, dan pemutaran film seputar sejarah Kemerdekaan Indonesia, khususnya keterlibatan putra-putra daerah Sulut dalam sebuah peristiwa yang dikenang sebagai “Black Armada”.

“Ekshibisi ini sudah dua kali dilakukan, pertama di Australia dan kedua di Indonesia kampus Unsrat Manado. Ini membahas tentang peran orang Indonesia, khususnya keturunan kawanua yang memiliki peran besar dalam sejarah, tapi kurang dikenal,” kata Ketua Panitia Roger Kembuan.

Menurutnya, kenapa disebut Black Armada karena istilah tersebut merupakan peristiwa sejarah tentang bagaimana putra bangsa di Australia yang merupakan pelaut, khususnya di kapal milik Belanda melakukan boikot besar-besaran sehingga mencegah kapal bisa berlayar.

Penulis: Redaksi News
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Unsrat Manado dan IDN Vic Gelar ‘Black Armada Exhibition’ di Wale Sam Ratulangi

Terkini Lainnya

Iklan