×

Iklan

Iklan

Disbud UPTD Taman Budaya dan Museum Sulut Perkenalkan Fotografi Koleksi Museum 2021

Dec 8, 2021 | 19:25 WIB Last Updated 2021-12-08T11:27:37Z

MANADO, Infosatu.co.id - Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara melalui UPTD Taman Budaya dan Museum untuk memperkenalkan dan mempromosikan Koleksi Museum Tahun 2021 dengan mengadakan lomba fotografi Koleksi Museum untuk kategori Pelajar.


Menurut Kadis Kebudayaan daerah provinsi Sulut melalui UPTD Taman budaya dan museum Drs Ferdy Tamarindang mengatakan, lomba fotografi ini selain dapat memperkenalkan objek koleksi -koleksi museum termasuk potensi destynasi wisata Budaya kepada masyarakat luas, diharapkan ajang ini bisa menghidupkan kembali gairah generasi muda khususnya Pelajar menjadi fotografi profesional khususnya di sektor Kebudayaan.

"Melalui objek visual foto koleksi museum bisa menjadi promosi yang paling efektif untuk mengenalkan objek warisan budaya koleksi museum" kata Ferdy, Rabu (08/12/2021).


Selain itu sebanyak 26 kategori tingkat Pelajar menjadi peserta lomba fotografi Koleksi Museum dan ada 4 juri termasuk salah satu juri menanggapi terkait penilaian Jenry Koraag bahwa, untuk memenuhi unsur fotografi, dinilai dari aspek diafragma, frame foto, persperktif foto, dan pesan bercerita disebuah hasil foto.

"Rata- rata peserta dengan hasil foto yang mereka lakukan masih memiliki foto standart karena mereka masih tergolong status pelajar, namun hasil penilaian Juri ada beberapa peserta pelajar SMP yang memenuhi standard fotografi dilihat dari aspek diafragma, frame foto, persperktif foto, dan pesan bercerita disebuah hasil foto. " kata Jenry.


Jenry menambahkan tujuan utama fotografi koleksi museum adalah untuk menghasilkan gambar menggunakan cahaya saja. Saat itu gambar biasanya dihasilkan dari seorang artis (pelukis) saja dan bukan merupakan rekaman langsung dari obyeknya.

"Jadi definisi fotografi koleksi museum sebagai melukis dengan cahaya," tutup Jenry.

Penulis: Benny Pongayouw
Editor: Redaksi
×
Berita Terbaru Update