Iklan

Iklan

Video Jokowi Promosikan Bipang Ambawang Viral di Medsos, Ini Penjelasan Jubir

Redaksi
8 Mei 2021, 22:13 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:35Z
JAKARTA, Infosatu.co.id - Penggalan video Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempromosikan Bipang Ambawang khas Ambawang, Kalimantan Barat, viral di media sosial. Diketahui Bipang Ambawang adalah restoran yang ada di daerah Kalimatan yang melayani panganan babi panggang. Dalam potongan video berdurasi 1 menit dalam akun @BossTemlen tersebut Jokowi mengajak masyarakat agar tidak mudik dan tetap berada di rumah.

"Bapak/Ibu dan Saudara-saudara sekalian, sebentar lagi Lebaran. Namun, karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama," kata Jokowi dalam video tersebut, dikutip dalam akun @BossTemlen, Sabtu (8/5).

Jokowi pun mengajak masyarakat yang rindu kuliner khas daerahnya masing-masing tetap bisa menikmatinya, yaitu dengan cara memesan. Sehingga tak perlu jauh-jauh datang ke tempat asalnya, mulai dari gudeg Jogja hingga Bipang Ambawang pun disebutkan oleh Jokowi.

"Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," ujar Jokowi.

Pernyataan Jokowi pun dipertanyakan. Banyak dari netizen yang bingung mengapa mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mempromosikan Bipang Ambawang yang dikenal dengan babi panggang pada saat hari raya Idul Fitri.

Sementara itu Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman membeberkan yang dimaksud jokowi yaitu bepang atau jipang yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Ini Bipang (atau Bepang atau Jipang) yang saya kenal di kampung saya Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bipang Kalimantan makanan dari beras dengan gula, makanan saya dari kecil hingga sekarang kalau pulang kampung," tutupnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Video Jokowi Promosikan Bipang Ambawang Viral di Medsos, Ini Penjelasan Jubir

Terkini Lainnya

Iklan