Iklan

Iklan

Rusia Resmi Anggap, AS dan Ceko Sebagai Negara Tidak Bersahabat

Redaksi
16 Mei 2021, 04:24 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

RUSIA, Infosatu.co.id - Secara Resmi, Rusia menetapkan Amerika Serikat (AS) dan Republik Ceko sebagai negara yang tidak bersahabat. Penetapan ini di tengah krisis terbesar dalam hubungan antara Moskow dan Washington dalam beberapa tahun terakhir.


Seperti dilansir AFP, Sabtu (15/05/2021), pemerintah Rusia mengeluarkan dekrit yang ditandatangani oleh Perdana Menteri (PM) Mikhail Mishustin yang disertai dengan daftar negara tidak bersahabat.


AS dan Ceko dianggap telah melakukan tindakan tidak ramah terhadap Rusia, warga negara Rusia atau entitas Rusia. Daftar negara tak bersahabat tersebut sekarang mencakup AS dan Republik Ceko.


Kedutaan Ceko akan diizinkan untuk mempekerjakan tidak lebih dari 19 warga negara Rusia dan tidak ada kedutaan AS sama sekali.


Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Moskow tetap siap untuk berdialog, kantor berita negara TASS melaporkan, menekankan fakta bahwa Rusia sekarang hanya memiliki dua negara dalam daftar negara yang tidak bersahabat.


Praha mengatakan langkah itu hanya akan 'meningkatkan hubungan' antara Moskow dan Republik Ceko, Uni Eropa dan sekutunya.


"Kami menyesal bahwa Rusia telah memulai jalan konfrontasi yang merugikannya sendiri," kata Kementerian Luar Negeri Ceko dalam sebuah pernyataan.


"Tindakan ini juga secara tidak langsung akan mempengaruhi potensi pengembangan hubungan antara warga biasa, pariwisata, dan pengembangan hubungan bisnis," tambahnya.


Kepala Uni Eropa Charles Michel mencuit 'solidaritas penuh' dengan Praha saat dia bersikeras bahwa langkah Rusai merusak hubungan diplomatik.


"Upaya untuk memecah Uni Eropa sia-sia," tulis Michel.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rusia Resmi Anggap, AS dan Ceko Sebagai Negara Tidak Bersahabat

Terkini Lainnya

Iklan