Iklan

Iklan

7 Tanda Teman Dekat Mencoba Bersaing dengan Anda

Redaksi
26 Apr 2021, 02:52 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:35Z

ilustrasi pertemanan bersaing. ©2021 infosatu.co.id 

Infosatu.co.id - Mempunyai teman yang mendukung dan percaya pada kemampuan Anda adalah berkah. Tetapi bagaimana jika Anda memiliki 'musuh' yang melihat Anda sebagai pesaing daripada teman?


Ada kalanya orang belajar dan mengambil inspirasi dari satu sama lain. Meski sebenarnya, sedikit persaingan bisa menjadi sehat dalam hubungan apa pun.


Tetapi jika teman Anda selalu bersemangat untuk bersaing dengan Anda, hal ini dapat menyebabkan persaingan yang cukup lama antara dia dan Anda.


Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi persaingan bisa jadi rahasia dan sepihak, didorong oleh ego dan motif tersembunyi.


Untuk membantu Anda mengetahui apakah teman Anda mencoba bersaing dengan Anda secara halus dan / atau rahasia.


Berikut ini tanda-tandanya seperti dilansir dari laman Boldksy.


1. Sering mencoba menyabotase kesuksesan


mencoba menyabot kesuksesan Anda. Misalnya merasa teman Anda sedang mencoba membuat Anda percaya bahwa Anda tidak bisa sukses atau melakukan sesuatu yang lebih baik. Tidak hanya ini, tetapi untuk menyabot kesuksesan Anda, dia mungkin mencoba mengalihkan Anda dari tujuan Anda.


2. Tampak senang dengan kegagalan Anda


Ada saat-saat ketika Anda mungkin tidak berhasil dalam sesuatu dan saat inilah Anda dapat mencari bantuan dan dukungan dari teman Anda. Namun Anda justru menemukan dia terlihat bahagia dan tersenyum, maka ini bisa berarti teman Anda adalah seseorang yang ingin bersaing dengan Anda.


3. Jarang merayakan kesuksesan Anda


Apakah teman Anda benar-benar merayakan kesuksesan Anda dan tampak senang melihat Anda melakukan yang terbaik dalam karier Anda? Jika tidak, bisa jadi karena dia sedang mencoba bersaing dengan Anda. Alih-alih bahagia atas pencapaian Anda, dia justru berpura-pura bahagia dan mencari cara untuk lebih cemerlang dari Anda. Bahkan, dia sering menemukan alasan yang tidak tepat untuk menghindari merayakan kesuksesan Anda.


4. Selalu meniru


Tidak peduli apakah Anda belajar memasak atau membeli baju baru, dia akan melakukan hal yang sama. Terkadang, Anda mungkin merasa diaa mengambil inspirasi dari Anda, tetapi jika dia melihat Anda sebagai pesaing, tidak dapat disangkal bahwa teman Anda mungkin memiliki motif tersembunyi. Dia juga dia tidak akan pernah peduli untuk memberi Anda pujian. Dia akan meniru dan kemudian berpura-pura seolah-olah Anda adalah orang yang menirunya.


5. Mencari tahu apa yang Anda lakukan


Salah satu tanda yang akan menunjukkan jika teman Anda bersaing dengan Anda adalah bahwa dia selalu berusaha menemukan apa yang Anda lakukan. Dia akan memata-matai Anda atau terus-menerus memeriksa apa yang Anda lakukan. Mereka melakukannya untuk memastikan bahwa mereka tidak akan tertinggal. Alih-alih menghargai apa yang Anda lakukan, mereka tidak akan pernah berhenti mencari tahu apa yang Anda lakukan.


6. Selalu meremehkan kerja keras Anda


Jika teman Anda tidak pernah menghargai kerja keras dan dedikasinya terhadap pekerjaan Anda, maka ini bisa menjadi tanda bahaya yang tidak boleh Anda abaikan. Tidak peduli seberapa besar kerja keras dan usaha yang Anda lakukan untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik, dia akan selalu mengkritik Anda. Dia mungkin mengkritik  secara halus. Dia mungkin memberi tahu bahwa Anda berusaha melakukan hal yang salah dan lebih baik fokus pada beberapa hal yang biasa-biasa saja.


7. Selalu berusaha lebih baik dari Anda


Mungkin ada saat-saat ketika Anda bertemu dengan orang-orang yang selalu berusaha untuk lebih cemerlang dari orang lain. Saat Anda memberi tahunya bahwa Anda mendapat nilai bagus dalam mata pelajaran apa pun, dia akan mencoba memberi nilai lebih dari Anda. Atau jika misalkan, Anda mengantongi pekerjaan, maka dia akan mencoba untuk lebih cemerlang dengan mendapatkan pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi. Mereka melakukannya untuk memproyeksikan diri mereka sebagai superior dan lebih sukses dari Anda.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 7 Tanda Teman Dekat Mencoba Bersaing dengan Anda

Terkini Lainnya

Iklan