Iklan

Iklan

Penembakan Brutal di Colorado AS, 10 Orang Tewas Diberondong Senjata, Live di Youtube

Redaksi
24 Mar 2021, 04:18 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z
Breaking News: Penembakan Brutal di Colorado AS, 10 Orang Tewas Diberondong Senjata, Live di Youtube. ©2021 infosatu.co.id 

AMERIKA SERIKAT, Infosatu.co.id - Seorang pria bersenjata membunuh 10 orang. Korbannya termasuk seorang petugas polisi di sebuah supermarket di negara bagian Colorado, Amerika Sertikat (AS).


Setelah beberapa jam kemudian, penembakan brutal di Kota Boulder itu bisa diatasi setelah polisi menahan seorang tersangka yang terluka dan hanya mengenakan celana di supermarket King Soopers.


Penembakan itu disiarkan langsung oleh sejumlah saksi dan ditayangkan di YouTube.


Di antara yang tewas adalah Eric Talley, 51 tahun, yang merupakan petugas polisi yang pertama kali bertindak atas insiden penembakan itu.


"Ini adalah tragedi dan mimpi buruk bagi Boulder County," kata Jaksa Wilayah Boulder County, Michael Dougherty.


"Ini adalah orang-orang yang sedang menjalani rutinitas mereka, berbelanja. Saya berjanji kepada para korban dan masyarakat di negara bagian Colorado bahwa kami akan tegakkan keadilan." katanya lagi.


Tidak ada detail lain yang langsung dirilis tentang sembilan korban lainnya maupun motif di balik serangan itu.


Apa yang diketahui tentang kejadian penembakan?


Kejadian itu dimulai sekitar pukul 14:30 waktu setempat pada hari Senin (23/03/2021) ketika tersangka memasuki supermarket dan mulai menembak.


Para pembeli dan karyawan toko mengatakan mereka segara beranjak mencari tempat berlindung maupun berlari ke tempat aman saat penembakan terjadi.


Sebagian dari insiden itu terekam dalam sebuah video oleh seorang pejalan kaki yang menunjukkan para korban dari dekat supermarket.


Pembeli di dalam supermarket langsung melarikan diri untuk berlindung saat penembakan terjadi.


"Saya tidak tahu apa yang terjadi... Saya mendengar suara tembakan, seseorang jatuh," teriak orang yang memegang kamera. "Ada seorang penembak, pergi menjauh".


Suara tembakan terdengar saat dia melarikan diri dari toko itu.


Rekaman video tersebut berlanjut dan menampilkan polisi yang tiba di tempat kejadian dan mengelilingi supermarket.


Departemen kepolisian Boulder kemudian memperingatkan orang-orang untuk menghindari daerah tersebut dan mengatakan kepada mereka untuk tidak "menyiarkan di media sosial informasi taktis apa pun yang mungkin Anda lihat".


"Kami sedang di kasir, dan suara tembakan tiba-tiba mulai terdengar," kata Sarah Moonshadow, seorang warga yang terjebak di dalam supermarket dengan anak laki-lakinya, Nicholas, saat penembakan itu terjadi.


Sarah Moonshadow, yang berada di dalam supermarket King Soopers saat penembakan dimulai, ditemani oleh dua orang lainnya saat keluar.


Dia mengatakan kepada Reuters bahwa dia sempat mencoba membantu salah satu korban yang terluka di trotoar di luar supermarket, tetapi putranya menariknya pergi dengan mengatakan "kita harus pergi".


"Saya tidak bisa membantu siapa pun," katanya.


Rekaman video yang diambil dari udara kemudian menunjukkan seorang pria, yang tampaknya hanya mengenakan celana pendek, dikawal pergi dengan tangannya yang diborgol.


Dalam konferensi pers, kepala Kepolisian Boulder, Maris Herold, mengkonfirmasi bahwa seorang tersangka ditahan dan menerima perawatan di rumah sakit. "Saya ingin meyakinkan masyarakat bahwa mereka aman," katanya.


Herold menyebut polisi yang tewas bernama Eric Talley, yang telah bekerja di departemen kepolisian Boulder sejak 2010.


"Tindakan heroik petugas ini ketika dia menanggapi tempat kejadian... panggilan telepon mengenai tembakan di daerah itu dan panggilan telepon tentang orang yang mungkin membawa senapan patroli," katanya.


Herold tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang penembakan itu, tetapi mengatakan bahwa penyelidikan itu "sangat kompleks" dan akan memakan waktu "tidak kurang dari lima hari untuk menyelesaikannya".


Nama-nama korban lainnya tidak akan dirilis sampai keluarga atau kerabatnya diberi tahu.


Di Twitter, Gubernur Colorado Jared Polis mengatakan: "Doa saya bersama sesama warga Colorado di saat kesedihan dan duka ini saat kita mempelajari lebih banyak tentang sejauh mana tragedi itu."


Presiden Joe Biden telah diberitahu tentang penembakan itu.


Bulan lalu, Biden mengatakan dia akan merekomendasikan undang-undang yang lebih ketat untuk memastikan pemeriksaan latar belakang pada siapa pun yang ingin membeli senjata api.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penembakan Brutal di Colorado AS, 10 Orang Tewas Diberondong Senjata, Live di Youtube

Terkini Lainnya

Iklan