Iklan

Iklan

Misteri Komputer Berusia 2.000 Tahun Mulai Diungkap Ilmuwan

Redaksi
16 Mar 2021, 08:10 WIB Last Updated 2022-09-04T09:48:34Z

Antikythera Mechanism. Foto: Wikimedia Commons. ©2021 infosatu.co.id 

Infosatu.co.id - Sering disebut komputer tertua di dunia, perangkat bernama Antikythera Mechanism diperkirakan oleh ilmuwan berusia 2.000 tahun. Riset terkini menyibak lebih jelas misterinya, terutama bagaimana wujud utuhnya.


Seperti dikutip dari BBC, Selasa (16/03/2021), benda terbuat dari perunggu itu ditemukan di bangkai kapal dari zaman kuno pada tahun 1901 di Yunani. Sejak itulah, para ilmuwan terkait kebingungan tentang fungsi benda ini.


Dipergunakan memakai tangan, ada yang menduga ia digunakan untuk memprediksi gerhana atau peristiwa astronomi lain. Sayangnya, hanya sepertiga dari komputer zaman kuno tersebut yang tersisa sehingga seperti apa bentuk utuhnya bikin penasaran.


Mekanisme bagian belakangnya sudah diketahui, namun sistem kompleks pada bagian depan masih misteri. Nah, ilmuwan University College London (UCL) dalam riset terbaru meyakini telah dapat menggambarkan bentuknya seutuhnya dan secara detail.


Permodelan utuh Antikythera Mechanism. Foto: University College London. ©2021 infosatu.co.id 

Menggunakan permodelan komputer 3 dimensi, mereka telah menggambar seluruh panel depan Antikythera Mechanism. Bahkan nantinya, diharapkan bisa dibuat replikanya dalam skala penuh dengan menggunakan material modern.


"Matahari, Bulan dan planet-planet ditampilkannya dalam kebrilianan Yunani kuno. Model kami ini adalah yang pertama menyesuaikan seluruh bukti fisik dan cocok dengan deskripsi yang terukir di mekanismenya," kata para peneliti itu.


Akan tetapi tetap ada beberapa misterinya yang belum dapat terkuak. Misalnya apakah Antikythera Mechanism hanyalah semacam mainan, untuk belajar atau ada tujuan lain dari pembuatannya.


Ada pula pertanyaan lain, jika orang Yunani kuno bisa membuat benda sebaik ini, kenapa tidak ditemukan perangkat sejenis dari zaman yang sama, yang diciptakan dengan pengetahuan itu?


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Misteri Komputer Berusia 2.000 Tahun Mulai Diungkap Ilmuwan

Terkini Lainnya

Iklan